Pertama Apple, Sekarang Facebook : Apa Yang Terjadi Ketika Para Pemegang Saham Mengaktifkan Aktivis?

Kekhawatiran pemegang saham terhadap perusahaan teknologi besar menjadi lebih umum, tetapi pada akhirnya, pendiri teknologi yang kuat dapat memegang semua kartu.

OLEH AINSLEY HARRIS


Kepala dana pensiun New York City, yang mengontrol saham senilai $ 1 miliar di Facebook, memiliki pesan yang kuat untuk CEO Mark Zuckerberg pada hari Selasa: Turun sebagai ketua dewan dan menunjuk tiga direktur independen baru.

"Data sedang digunakan tanpa izin orang, dan itu akan mempengaruhi merek," kata pengawas New York City, Scott Stringer saat tampil di CNBC . "Dan itu adalah merek yang telah saya investasikan mendekati $ 1 miliar uang rakyat dalam mendasari pensiun mereka."

Stringer menyerukan agar Facebook menambah dewan yang ada dengan tiga direktur independen "yang memiliki pengalaman dalam hal data, dalam hal etika." Dia juga menuntut bahwa perusahaan membuat komite pengawasan privasi data dan menerapkan kebijakan clawback untuk kompensasi eksekutif, seperti banyak bank yang dilakukan setelah krisis keuangan tahun 2008. "Saya sangat bertekad untuk memegang perusahaan yang kami investasikan ke standar etika tertinggi," katanya.

Stringer adalah manajer pensiun terkemuka pertama yang maju dengan kritik publik terhadap Facebook. Tapi dia bukan pemegang saham pertama yang membunyikan alarm tentang perusahaan teknologi besar dan efeknya pada masyarakat. Hanya beberapa bulan yang lalu, dana pensiun dan investor aktivis bekerja sama untuk menyuarakan kritik mereka terhadap Apple . Inti dari pesan mereka adalah bahwa Apple bersalah, sebagian, karena kecanduan ponsel remaja:

"78% remaja memeriksa ponsel mereka setidaknya setiap jam dan 50% melaporkan merasa 'kecanduan' terhadap ponsel mereka," pemegang saham menulis dalam surat kepada dewan direksi Apple. "Ini akan menentang akal sehat untuk berpendapat bahwa tingkat penggunaan ini, oleh anak-anak yang otaknya masih berkembang, tidak memiliki setidaknya beberapa dampak, atau bahwa pembuat produk yang kuat tersebut tidak memiliki peran dalam membantu orang tua untuk memastikannya. sedang digunakan secara optimal. "

Selain itu, pemegang saham - Jana Partners LLC dan Sistem Pengawas Pengajar Negara Bagian California, yang bersama-sama memegang saham senilai $ 2 miliar di Apple - mempresentasikan daftar langkah yang mereka katakan harus diambil perusahaan, termasuk pertemuan komite ahli dan perluasan kontrol orangtua.

Apple, sebagai tanggapan, membela produknya dan mengatakan bahwa fitur perangkat lunak baru yang dirancang untuk memerangi kecanduan smartphone sedang dalam pengembangan. Tetapi perusahaan belum menggambarkan fitur-fitur baru tersebut secara terperinci.

BAD FOR THE BOTTOM LINE
Dalam kedua kasus aktivisme pemegang saham, para investor menyatakan keprihatinan mereka sebagai demi kebaikan masyarakat. Tetapi mereka memiliki agenda sekunder, juga: Untuk perusahaan teknologi, risiko reputasi dan peraturan merupakan ancaman yang sangat nyata terhadap laba. Dalam minggu-minggu sejak krisis Cambridge Analytica Facebook pertama kali meledak, momok pemberontakan pengguna dan pengawasan Kongres telah merugikan perusahaan senilai lebih dari $ 50 miliar .

Mungkinkah raksasa teknologi lain berikutnya dalam antrean untuk kritik pemegang saham? Tidak sulit membayangkan para aktivis mengejar Alphabet untuk konten Wild West dari YouTube, atau menargetkan Amazon untuk perlakuannya terhadap kontraktor yang mengelola gudangnya yang luas.

Tetapi untuk semua pers yang mereka hasilkan, pemegang saham aktivis yang menempatkan Silicon Valley di garis bidik mereka pada akhirnya dapat gagal dalam upaya mereka. Hak suara ditumpuk terhadap mereka, dengan pendiri yang kuat seperti Zuckerberg yang menguasai domain mereka dengan tangan besi. Pendiri Facebook secara pribadi telah kehilangan lebih dari $ 6 miliar selama sebulan terakhir di tengah penurunan harga saham perusahaan, namun ia masih memiliki saham senilai $ 68,5 miliar .

Dibandingkan dengan pengaruh semacam itu, sulit untuk melihat bagaimana $ 1 miliar dalam pemadam kebakaran dan tabungan pensiun guru merupakan sebuah peluang.

Source : https://www.fastcompany.com/40553572/first-apple-now-facebook-what-happens-when-tech-shareholders-turn-activist